aturan dan menu berbuka puasa alla rasulullah saw


aturan dan menu berbuka puasa alla rasulullah saw Dalam islam segala sesuatu telah ada aturannya termasuk dengan aturan berbuka puasa , seperti  yang telah rasulullah saw contohkan tentang tatacara berbuka puasa yang benar dan menu berbuka puasa ala rasulullah saw, maka tidak ada salahnya jikalau mulai dari sekarang anda mengikuti aturan yang baik dan benar tentang tatacara berbuka puasa,.
 menu berbuka puasa semua telah diatur  ,dan rasulullah saw juga mengajarkan kepada kita untuk berbuka dengan yang manis dan masih banyak yang lainya yang mungkin belum anda ketahui, , disini akan dibeberkan secara jelas dan terperinci tentang tatacara dan menu berbuka puasa menurut ajaran islam dan telah mencontoh nabi muhamad saw.

Seperti yang telah dicontohkan oleh rasulullah saw beliau sewaktu berbuka puasa selalu memakan makanan yang baik dan sehat sehingga tidak membahayakan tubuh, dewasa ini banyaklah orang yang mentang-mentang telah berpuasa maka ia makan makanan yang seenaknya saja tanpa memperhatikan kesehatan , dan kebersihannya , nah setelah baca artikel ini diharapkan untuk mengubah pola berbuka puasa anda , sesuai dengan yang telah dicontohkan rasulullah saw, seperti apakah makanan berbuka puasa yang telah dicontohkan rasulullah saw. Mari kita simak dibawah ini :

  • buah kurma basah , atau orang arab bilang dengan ruthab

Kurma basah kaya akan zat besi dan juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil , sehingga dulu allah memerintahkan maryam untuk memakan buah kurma ,supaya asi nya menjadi banyak dan juga buah kurma basah bermanfaat sebagai pengganti cairan wanita yang habis melahirkan.

  • dan jika tidak tersedia buah kurma basah (ruthab) maka rasulullah saw mengkonsumsi buah kurma kering (tamr) 


aturan dan menu berbuka puasa alla rasulullah saw

  •  nah jika  buah kurma kering ( tamr) juga tidak ada maka rasulullah saw mengonsumsi satu teguk air putih.

 hali diatas berdasarkan atas hadist yang di riwayatkan oleh ahmad, baihaqi, hakim, dan ibnu suni serta yang lainya .
Buah kurma memang banyak mengandung kadar gula alami (karbohidrat komplex) yang sangatbanyak sehingga dapat menambah energi tubuh anda dengan cara yang cukup cepat , apalagi kalo dimakan pas waktu sahur, dijamin anda siangnya gabakalan kelelahan .Perlu anda ketahui  juga bahwa dalam memakan buah kurma  sebaiknya memakan dengan bilangan ganjil misalkan 1 serta 3 dan seterusnya
Namun sebagai orang indonesia maka tidak ada salahnya jikalau kita menyesuaikan dengan mulut orang indonesia karena‘‘ agama  islam itu tidak memberatkan ‚‘‘  jika makanan diatas didasarkan pada hadis riwayat ahmad maka hal selanjutnya tentang menu berbuka puasa menurut syariat  islam ialah dengan mengononsumsi :


  • Labu air atau yaqthin

Buah yang memiliki nama latin (Lagenaria siceraria) Ini bisa dibilang buahbuahan dari jenis labu yang jarang sekali kita jumpai . bisa dibilang dalil untuk mengonsumsi buah labu air ketika sedang berbuka puasa memang tidaklah akan kalian jumpai dalam hadist riwayat manapun , namun jika kita lebih jeli waktu itu aisyah berkata sesungguhnya nabi muhamad saw berkaata , apabila dari kalian memasak maka perbanyaklah buah labu airnya karena buah tersebut mampu menguatkan hati orang yang susah. Dan NABI MUHAMAD SAWpernah diundang oleh salah seorang penjait untuk makan bersamanya , nah disela sela makan itu rasulullah saw mencari labu air. Luar biasa memang karena labu air sangatlah banyak manfaatnya .


  • susu

Susu baik itu susu sapi susu kambing sangatlah banyak manfaatnya , sebagaimana telah kita ketahui bahwa jikalau anak kecil meminum susu secara maksimal maka otak dan bicaranyapun bakalan bagus. seperti yG SUDAH diriwayatkan oleh tirmidzi bahwa ada tida hal yang apabila kamu diberi maka janganlah ditolak , nah untuk yang pertama yaitu : 1) bantal 2) minyak wangi 3)
Nah bisa anda simpulkan betapa bermanfaatnya susu sampai sampai tirmidzi pun meriwayatkanya.

Aturan dalam berbuka puasa :
1. Dahulukanlah untuk memakan makanan yang manis
Kenapa harus mendahulukan memakan makanan yang manis ?? karena ketika berpuasa kita banyak kehilangan kadar gula di dalam tubuh kita sehingga tubuh akan menjadi lemah , nah makanan yang manis mampu menggantikan kadar gula yang hilang secara cepat. Seperti telah dicontohkan oleh baginda rasulullah saw , bahwa beliau selalu mengawali berbuka puasa dengan mamakan buah kurma.
2. Konsumsi makanan hangat
Berbuka puasa memang sangatlah enak jika kita meminum minuman yang dingin dan menyegarkan , namun itu semua tidak baik untuk kesehatanjadi sebaiknya anda mengonsumsi yang hangat hangat semisal teh manis, kolak dan masih banyak yang lainya.
3. Makanlah buah buahan
Pilihlah buah yG  mengandung serat dan banyak mengandug vitamin c, karena itu mammpu membantu proses pencernaan tubuh ketika berpuasa dan mampu menjaga daya tahan tubuh.

Nah itulah beberapa aturan dan menu berbuka puasa ala rasulullah saw yang bisa anda laksanakan ketika sedang berpuasa , sebaiknya anda melakukan hal – hal yang diatas. Supaya tubuh anda menjadi sehat . puasa mampu menjadi perisai untuk api neraka jadi hendaknya anda memanfaatkan semaksimal mungkin puasa anda,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.