Keutamaan bulan muharam dan peristiwa peristiwa penting yang terjadi di bulan muharam

Keutamaan bulan muharam dan peristiwa peristiwa penting yang terjadi di bulan muharam
Banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan muharam dan banyak juga keutamaan-keutamaan yang harus kalian ketahui selaku umat islam oleh karna itu saya akan sajikan materi buat bahan pembelajaran kalian semua semoga bermanpaat yah :-D
Peristiwa-peristiwa penting:
1 Muharam - Khalifah Umar Al-Khattab membuat penetapan bulan dalam Hijrah. Penetapan bulan itupun hingga saat ini masih digunakan. Namun sayang yang terkenal di masyarakat sekarang yaitu sistem penanggalan kalender masehi.  Namun disamping itu masih banyak juga yang masih menggunakan kalender hijriyah.
10 Muharam - Dinamakan juga hari ‘Asyura’. Pada hari tersebut banyak sekali terjadi peristiwa penting yang mencerminkan kegemilangan bagi perjuangan yang gigih dan tabah bagi menegakkan keadilah dan kebenaran. Untuk itu saya akan sajikan beberapa peristiwa yang terjadi pada bulan asyura ini diantaranya :


Keutamaan bulan muharam dan peristiwa peristiwa penting yang terjadi di bulan muharam
Pada 10 Muharam juga telah berlaku:

1. Nabi Adam bertaubat kepada Allah.
2. Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.
3. Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama enam bulan.
4. Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud.
5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa.
6. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.
7. Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah.
8. Nabi Ayub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya.
9. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam.
10. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentera Firaun.
11. Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah.
12. Nabi Sulaiman dikurniakan Allah kerajaan yang besar.
13.Nabi Isa diangkat ke langit.
14.Allah menjadikan Malaikat Jibril.
15. Hari pertama Allah menurunkan
16. Hari pertama Allah menciptakan alam.
17. Hari Pertama Allah menurunkan rahmat. (hujan.)
18.Allah menjadikan alam.
19. Allah menjadikan ‘Arasy.
20. Allah menjadikan Luh Mahfuz.
 keutamaan muharam
Muharam juga memiliki banyak keutamaan. Salah satu diantaranya ialah sebagaimana sabda nabi Muhammad saw.
“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa pada bulan Muharam, sedang solat yang paling afdal sesudah salat fardu adalah salat malam.” (HR Muslim).
Berpuasa pada bulan Muharam yang sangat dianjurkan adalah pada hari yang kesepuluh, yaitu yang lebih dikenal dengan istilah ‘aasyuura. Oleh karna itu saya menganjurkan kepada kalian semua untuk berpuasa sunah pada hari tersebut .

Saidatina Aisyah–semoga Allah meridainya : pernah ditanya tentang puasa ‘aasyuura, ia menjawab,
“Aku tidak pernah melihat Rasulullah saw. puasa pada suatu hari yang beliau betul-betul mengharapkan fadilah pada hari itu atas hari-hari lainnya, kecuali puasa pada hari kesepuluh Muharam.” (HR Muslim).

Rasulullah saw mendatangi kota Madinah, lalu didapatinya orang-orang Yahudi berpuasa di hari ‘Asyura. Maka baginda pun bertanya kepada mereka, “Hari apakah ini, hingga kalian berpuasa?” mereka menjawab, “Hari ini adalah hari yang agung, hari ketika Allah memenangkan Musa dan Kaumnya, dan menenggelamkan Fir’aun serta kaumnya. Kerana itu, Musa puasa setiap hari itu untuk menyatakan syukur, maka kami pun melakukannya.” Maka Rasulullah saw bersabda, “Kami lebih berhak dan lebih pantas untuk memuliakan Musa daripada kalian.” kemudian baginda pun berpuasa dan memerintahkan kaum puasa di hari itu. (Hadis Riwayat Bukhari no. 3145, 3649, 4368 dan Muslim no. 1130)

Dari Abu Hurairah r.a. berkata; Rasulullah saw pernah ditanya mengenai puasa pada hari ‘Asyura`, baginda menjawab: “Ia akan menghapus dosa-dosa sepanjang tahun yang telah berlalu.” (Hadis Riwayat Muslim no. 1162)

Dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata; Rasulullah saw bersabda:

“Seandainya tahun depan aku masih hidup, niscaya aku benar-benar akan berpuasa pada hari ke sembilan (Muharram).” (Hadis Riwayat Muslim no. 1134)

Hadis Abu Hurairah di atas menunjukkan bahawa puasa muharram merupakan puasa sunah yang terbaik dan terutama, dan keutamaannya adalah AllahSWT  akan mengampuni semua dosa setahun yang lalu. Hanya saja yang dimaksud dengan semua dosa di sini hanyalah dosa-dosa kecil, kerana dosa-dosa besar tidak akan diampuni oleh Allah SWT kecuali dengan taubat dan rahmat dari Allah SWT.
Itulah keutamaan dan peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 muharam yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber, baca juga fiur fitur unik instagram

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.